Senin, 02 Mei 2016

7 alasan anda sebaiknya tidak minum soda, cola dan soft drinks


Apa yang menyebabkan minuman yang mengandung soda begitu membahayakan tubuh anda?


fanta, sprite, coca cola, pepsi adalah  contohminuman bersoda

Ketika anda baru selesai berolahraga seperti lari marathon, atau ketika selepas makan siang dan saat sedang bersantai sambil menonton televisi di rumah maupun ketika sedang berkumpul bersama teman-teman maka anda akan merayakannya dengan minum segelas minuman bersoda seperti cola dan soft drinks yang dingin untuk melegakan tenggorokan dan menikmati sensasi menggelitik di mulut dan kerongkongan, namun tahukan anda sebenarnya terdapat bahaya tersembunyi di balik minuman bersoda tersebut? ingin tahu? berikut penjelasan mengenai :

7 bahaya yang mengintai anda ketika mengkonsumsi minuman bersoda, cola dan soft drinks


1. kandungan kalori yang tinggi

kebanyakan soda dan soft drinks mengandung kalori yang sangat tinggi. hal ini artinya anda akan sangat mudah memasukkan banyak sekali kalori tersembunyi ke dalam tubuh anda tanpa menyadarinya. konsumsi minuman bersoda ini tentu saja pada akhirnya akan membawa anda pada obesitas dan banyak sekali masalah tambahan lainnya termasuk penyakit jantung dan diabetes. Tak hanya penyakit besar, penyakit kecil-kecil dengan efek jangka pendek pun akan sangat mudah datang akibat sering mengkonsumsi minuman bersoda yang tinggi kalori ini seperti susah bergerak, susah bernafas ataupun menimbulkan masalah kesuburan.

2. minuman bersoda meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2

resiko anda terkena diabetes tipe 2 akan melonjak tinggi jikalau anda adalah peminum soda reguler. diabetes akan terjadi ketika tubuh anda berhenti memproduksi insulin untuk meregulasi level gula darah anda atau ketika tubuh anda menjadi kebal terhadap insulin.
Resiko terkena diabetes tipe 2 ini pun akan meningkat jika anda juga mengalami obesitas atau kegemukan dan jikalau pola makan anda juga tinggi akan kandungan gula.
biasanya diabetes tipe 2 ini diasosiasikan pada orang dewasa yang berumur 40an, namun dikarenakan pola makan di zaman modern ini dimana ada banyak sekali remaja yang mulai sering minum minuman bersoda, soft drinks dan cola, maka banyak remaja yang sudah didiagnosa mengalami penyakit diabetes tipe 2 ini.
gejala diabetes yang muncul umumnya kerusakan pada sistem saraf dan sistem pembuluh darah (itulah sebabnya kenapa amputasi dari kasus yang sangat ekstrim sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2), selain itu juga adanya pengerasan arteri, peningkatan resiko serangan jantung dan stroke.

3. resiko terkena penyakit liver

kebanyakan minuman bersoda menggunakan pemanis dengna sirup jagung yang mengandung gula fruktosa. hal ini menyebabkan cepatnya kandungan pemanis ini dicerna dan disimpan di dalam lemak di seluruh tubuh sehingga dapat mengakibatkan penyakit hati berlemak (fatty liver disease)

4. minuman bersoda merusak gigi

terdapat beberapa cara yang membuat minuman bersoda dapat merusak gigi. Pertama adalah campuran dari berbagai macam gual yang dikandung oleh minuman bersoda tersebut seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa, yang akan memberikan makanan bagi bakteri di dalam mulut. Bakteri-bakteri di dalam mulut tersebut pada gilirannya akan mensekresikan asam. asam ini kemudian akan merusak lapisan enamel pada gigi sehingga menyebabkan kerusakan gigi ataupun gigi berlubang. Selain itu dari sisi lain minuman bersoda itu sendiri juga sebenarnya dari awalnya bersifat asam, hal ini dikarenakan perasa yang ada dalam minuman bersoda tersebut serta zat-zat lainnya yang digunakan ataupun dikarenakan zat karbon dioksida terlarut yang membuat minuman bersoda tersebut memiliki sensasi meletup-letup di dalam mulut.

5. minuman bersoda menyebabkan kerapuhan tulang alias osteoporosis

tulang rapuh akibat osteoporosis

ketika semua orang tidak begitu mengetahui apa yang menyebabkan kekuatan tulang menjadi melemah bagi para penikmat minuman bersoda, sebenarnya minuman bersoda dan tulang ini memiliki korelasi yang besar dimana sifat minuman bersoda dapat menghancurkan tulang sedikit demi sedikit. minuman bersoda sangat tinggi sekali akan campuran phosphorus (fosfor) yang dapat menyerap kalsium dan mikro nutrisi dari tulang. orang yang rajin minum minuman bersoda akan rentan terkena osteoporosis karena untuk menetralsir minuman bersoda yang tinggi fosfor tersebut, tubuh mengambil kalsium dari tulang untuk menetralisirnya sehingga kepadatan tulang akan terus berkurang sedikit demi sedikit hingga menjadi semakin rapuh.

6 soft drinks dan minuman bersoda mengandung zat karsinogen (dapat menyebabkan kanker)

banyak soft drinks dan minuman bersoda mengandung zat pengawet yang disebut sodium benzoate, yang ketika dicampur dengan vitamin c (ascorbic acid) akan menghasilkan benzena. benzena ini merupakan substansi karsiongenik yang dapat menyebabkan kanker dan mutasi sel. Ia juga dapat meningkatkan degenerasi dari mitokondria DNA. level benzena yang terdapat pada soft drinks dan minuman bersoda cenderung ada sangat banyak diluar batas aman yang seharusnya.

7. banyak minuman bersoda mengandung aspartame

dikarenakan soft drinks tidak sepenuhnya terdiri atas gula, maka mereka mengandalkan pemanis buatan seperti aspartame untuk menjadikan minuman ini terasa enak. lebih dari 75% komplain dari FDA diketahui berhubungan dengan aspartame. efek samping yang diakibatkan oleh aspartame ini termasuk diantaranya adalah depresi, insomnia, sakit kepalan, tinnitus, kehilangan daya pendengaran dan memori, dan konsumsi aspartame dalam jangka panjang akan memicu atau memperburuk penyakit diabetes, parkinson, tumor otak, epilepsi dan alzheimer.

Jadi ketika lain kali anda akan mengkonsumsi minuman bersoda, maka pikirkan baik-baik apakah anda ingin merusak tubuh anda? satu kaleng kenikmatan minuman bersoda harus anda bayar dengan pertaruhan kesehatan tubuh anda.


Jadi minuman apa yang bagus untuk dikonsumsi dan menyehatkan bagi tubuh?

Pada dasarnya minuman bersoda itu bersifat asam dan merusak tubuh. Sifat asam itu yang kebanyakan memicu berbagai penyakit. Untuk melawan sifat asam, kita harus menggunakan sifat yang kebalikannya yaitu sifat alkali. Kangen Water adalah air minum yang sangat baik yang bersifat alkali dan kaya akan mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, magnesium dan potassium.

Tahukah anda berapa gelas air kangen water yang dibutuhkan untuk menetralisir sifat asam dari minuman bersoda?
Dikarenakan minuman bersoda sifatnya teramat sangat asam dan membahayakan tubuh, anda harus melawannya dengan minum air alkali kangen water. Namun untuk mengimbangi sifat asam dari minuman bersoda tadi, anda tidak cukup hanya dengan menetralisirnya dengan juga turut minum segelas air alkali kangen water. Dibutuhkan 32 gelas air alkali kangen water dengan pH tertinggi yaitu pH 9.5 hanya untuk menetralisir segelas minuman bersoda.

Jadi sekali lagi, pikirkan baik-baik mana yang mau anda pilih untuk diminum? minuman bersoda yang merusak dan membahayakan tubuh anda atau minum air alkali kangen water yang dapat menyehatkan, memulihkan dan menyegarkan tubuh anda? silakan pertimbangkan baik-baik jawabannya.  

1 komentar:

  1. Which is better Coke or Pepsi?
    ANSWER THE POLL and you could receive a prepaid VISA gift card!

    BalasHapus